Peluang Bisnis Travel Agent dan Cara Membuka Usaha Ini

Kamis, 31 Oktober 2013

Mengambil Peluang Bisnis Travel Agent &Cara Memulainya

Pada saat ini kebutuhan terhadap transportasi sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat pada umumnya. Untuk memudahkan semua urusan terutama ketika  perjalanan menuju sebuah tempat maka kita membutuhkan transportasi yang lancar, aman dan nyaman. Menilik akan kebutuhan transportasi dalam jarak tertentu, sudah pasti  kita  butuh jasa transportasi dari sebuah Travel Agent. Khususnya bagi kita yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan.
Kenama harus memilih travel agent? Banyak alasan bagi kita yang lebih senang menggunakan jasa travel agent ini. Baik itu karena lebih nyaman,aman atau juga mungkin karena pelayanan berbeda yang diberikan  dibandingkan jenis jasa transportasi lain. Dalam upaya pemenuhan kebutuhan transportasi tersebut maka travel agent muncul  di tengah-tengah kita.
Jika dilihat dari aspek tingginya kebutuhan masyarakat akan transportasi tersebut, maka bisnis travel agent pada saat ini  merupakan peluang bisnis yang menjanjikan karena selalu dibutuhkan oleh setiap orang  tanpa mengenal waktu. Saat ini Bisnis travel ini kian menjamur, ini karena hampir setiap orang semakin sering bepergian  yang tentunya juga banyak yang tergantung dengan travel agent ini. pertumbuhan standar ekonomi masyarakat juga ikut mendorong tumbuh dan  berkembangnya bisnis travel agent ini. Bisnis yang seakan tak pernah sepi ini akhirnya mulai dilirik banyak peminat yang ingin memulai untuk terjun di peluang bisnis travel agent ini.

Sekilas Cara membuka Bisnis Travel Agent ( Peluang Bisnis Travel Agent )

gambar ilustrasi: peluang bisnis travel agent
Ilustrasi: menelisik peluang bisnis travel agent (sumber:kuncibisnis.com)
Terkait cara pendirian sebuah bisnis travel agent, dibawah ini adalah gambaran sekilas tentang pendirian sebuah bisnis travel agen. Untuk mendirikan bisnis travel agent, ada dua cara yaitu :
  1. Travel agent berbentuk badan usaha sendiri. Tipe ini  adalah model bagi yang mempunyai modal besar, karena membutuhkan legalitas mulai dari badan usaha, BPW, ASITA, IATA. disamping permodalan yang besar, proses pendiriannya juga membutuhkan waktu yang  cukup panjang. Untuk anda yang belum mempunyai pengalaman di dunia travel agent, Lebih baik memilih cara kedua dibawah ini terlebih dahulu
  2. Sub Agent, Yaitu Travel agent yang menjadi Sub Agen dari Perusahaan agen travel yang lebih besar. Dari segi permodalan yang dibutuhkan relatif kecil, bahkan ada yang dibawah satu juta hingga GRATIS. dengan Proses yang lebih cepat, Saat ini bayar, Kita sudah bisa memulai usaha besoknya.
Jasa di bidang bisnis travel ini sangat luas cakupannya, untuk awalnya. Sebaiknya menentukan akan fokus bergerak di bidang atau jenis yang mana dahulu, Selanjutnya, dapat dikembangkan mengikuti pasar yang ada di sekitar lingkungan atau wilayah bisnis tersebut.
Beberapa jenis bisnis dibidang travel agent antara lain: Haji, Umrah, Tour wisata domestic, Tour wisata mancanegara, Tiket pesawat domestik, Tiket pesawat internasional, Penukaran uang atau Money changer, voucher hotel dan reservasi hotel.
 Minimal kebutuhan kantor yang sebaiknya dimiliki yaitu: Ruang kantor atau ruko, Customer Support, Komputer, Mesin Fax juga Telepon, Printer, dan sambungan Internet. Juga tak ada salahnya bila melirik peluang bisnis travel agent  ini sebagai bisnis sampingan atau tambahan, karena umumnya bisnis travel agent ini bisa dijalankan dengan memperkerjakan orang lain disamping bisa dijalankan sendiri.
Nah, apakah anda tertarik untuk mengambil peluang bisnis travel agent ini? silahkan difikirkan dan dipertimbangkan selanjutnya silahkan take action.